Madakaripura Air Terjun Hit's di Kawasan Bromo Tengger Semeru

Madakaripura Air Terjun Hit's di Kawasan Bromo Tengger Semeru

Air Terjun madakaripura

Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di desa Sapih, Branggah, Lumbang, Probolinggo. Air terjun madakaripura memiliki ketinggian kurang lebih 1.000 mdpl. dengan ketinggian ini, membuat suasana di sekitar air terjun begitu sejuk dan teduh di kawasan Air Terjun Mandakaripura.

Madakaripura merupakan air terjun yang unik, memiliki bentuk silinder membuat wisatawan yang berkunjung merasa seperti berada didalam botol. Air Terjun Mandakaripura ditempatkan sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Dengan tinggi air terjun sekitar 200 meter, air terjun ini juga menjadi tertinggi kedua di Indonesia.

Madakaripura Bromo Tengger Semeru

Lokasi Manuju Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura terletak di desa Sapih, Branggah, Lumbang, Probolinggo berjarak 1 jam dari Kota Probolinggo atau sekitar 37 kilometer. Kawasan ini mempunyai pengelolaan dan mempunyai Harga Tiket Masuk di luar tiket masuk Bromo Tengger Semeru.

Lokasi Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura, Wisatawan menikmati aliran air terjun Madakaripura dengan ketinggian tebing sekitar 200 meter .

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Madakaripura, wisatawan perlu menyusuri kawasan hutan terlebih dahulu. Waktu yang diperlukan sekitar 1 jam dan hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Rute jalan setapak pada lembah perbukitan berada di samping sungai sepanjang jalur tracking.

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhkan tebing hijau di sisi kanan-kiri sungai. Saat musim hujan, beberapa air terjun kecil muncul dan tampak mengalir di sela-sela tebing. Disarankan untuk memakai sendal anti selip karena terdapat beberapa titik yang cukup licin.

Pake Wisata Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura, bentuk air terjun silinder membuat wisatawan yang berkunjung merasa seperti berada didalam botol. Air Terjun Mandakaripura.

Sejarah dan Mitos Air Terjun Madakaripura

Air Terjun ini Madakaripura juga mendapat julukan sebagai air terjun abadi. Destinasi wisata alam yang telah dibuka sejak tahun 1991. Kawasan Air Terjun yang berada di kaki Gunung Bromo diyakini sebagai tempat pertapaan Gajah Mada.

Nama Madakaripura berasal dari 3 nama yaitu Mada yang mengacu pada Gajah Mada. Dan untuk Kari berarti peninggalan, sedangkan Pura berarti tempat untuk bersembayang atau bertapa. Air terjun ini juga dipercaya sebagai tempat pertapaan sang Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit.

Menurut cerita warga sekitar, patih Gajah Mada menghabiskan sisa hidupnya di air terjun ini. Bahkan, hingga patih itu meninggal. Dia tetap berada disini untuk merenungi apa yang telah dilakukannya.

Sejarah Madakaripura
Air Terjun Madakaripura, Patung Gajah Mada sebagai monumen dari Air Terjun Madakaripura, dengan mitos sebagai tempat pertapaan patih Gajah Mada

Seperti diketahui bahwa, Mahapatih Gajah Mada pergi ke tempat ini ketika, beliau dicopot sebagai Mahapatih. Pencopotan jabatan tersebut lantaran, Gajahmada telah membantai ratusan orang yang berada di kerajaan sunda galuh.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura

Untuk menikmati keindahan air terjunMandakaripura pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk kawasan, bisa dikatakan cukup terjangkau, cukup dengan membayar Rp22.000 /orang. Sedangkan untuk Tiket Masuk Reguler Mancanegara Rp45.000 /orang.

Pihak pengelola tidak mewajibkan pengunjung untuk menggunakan jasa lokal guide. Bila terjadi pemaksaan bisa langsung melaporkan ke pihak Air Terjun Madakaripura.

Tips Berkunjung Ke Air Terjun Mandakaripura

Berikut Tips Berkunjung Menju Air Terjun Madakaripura

  • Membawa payung atau jas hujan. Payung dapat juga disewa dari penyewaan di area parkir.
  • Membawa baju ganti atau peralatan mandi. Ada area kamar mandi umum dengan kondisi cukup baik di area parkir mobil.
  • Wajib bawa kamera kalau tidak mau menyesal. Pastikan kamera dilindungi waterproof case atau pelindung anti air lainnya.
  • Jangan datang di musim penghujan, jika sudah hujan besar, sering terjadi banjir.
  • Jangan masuk ke area air terjun tanpa pemandu. Pemandu disana punya pengetahuan sangat baik untuk area-area yang aman bagi keselamatan pengunjung di sungai.
  • Biasanya waktu yang diperlukan untuk mengunjungi area ini sekitar dua jam.
  • Lebih baik jika datang ke Air Terjun Madakaripura dalam rombongan dengan Boking Agen Wisata yang sudah direncanakan. Sebab akses transportasi publik ke tempat ini masih sulit.
  • Pakai sandal gunung yang nyaman dan tidak mudah selip atau licin
  • Video Private Sunrise Bromo - Madakaripura dari Surabaya



Komentar

logo jawara wisata indonesia

Jawara Wisata Bromo. Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam di Pangandaran dan sekitarnya.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam Nusantara .

  082 272 300 500
  https://www.jawarawisata.com

Jawara Wisata Bromo

Jawara Gallery Bromo