Catat Info dan Tips Ini, Sebelum Berwisata ke Air Terjun Tumpak Sewu

Catat Info dan Tips Ini, Sebelum Berwisata ke Air Terjun Tumpak Sewu

wisata tumpak sewu

Informasi dan Tips Wisata Tumpak Sewu, Catat ini sebagai bahan masukan dan informasi sebelum Explorer merencanakan untuk berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu. Apa saja yang disarankan dan mana saja yang jangan Explorer lakukan di Tumpak Sewu demi keamanan dan kenyamanan selama berwisata. Coban Sewu atau Tumpak Sewu saat ini sebagai destinasi wisata alam dengan kategori air terjun yang paling populer di Jawa Timur, beberapa media bahkan menobatkan Tumpak Sewu sebagai air terjun yang terindah di pulau Jawa dan Indonesia

Coban Sewu, Grojokan Sewu, Coban Grojokan Sewu, Tumpak Sewu dan Air Terjun Nirwana adalah beberapa nama yang disematkan untuk satu destinasi air terjun yang mengaliri tebing dengan bentuk setengah lingkaran dan alirannya menyerupai tirai yang meliuk indah di ketinggian elevasi 500 mdpl, alirannya bersumber dari mata air gunung Semeru.
paket wisata air terjun tumpak sewu lumajang

1# Lokasi dan Rute Transportasi Menuju Tumpak Sewu

Air terjun "Tumpak Sewu" berada di Desa Wisata Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Berangkat dari kota Surabaya atau Malang dengan kendaraan pribadi melintasi jalur Malang - Turen - Dampit - Tirtoyudo - Tumpak Sewu

Desa Sidomulyo berada sekitar 55 kilometer arah selatan dari Lumajang. Waktu tempuh rata-rata sekitar 2 jam. Untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat.

Jika hendak menggunakan angkutan umum, dari terminal Wonorejo di Lumajang bisa memilih angkutan ke terminal Pronojiwo. Setelahnya bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan ke kawasan Sidomulyo.

Jalur dan Rute Tranportasi ke Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

dua jalur dan rute menuju destinasi alam air terjun Tumpak Sewu dari kota Surabaya dan Malang via jalur dan rute Lumajang

2# Aktivitas Menuju Air Terjun Tumpak Sewu

Untuk Menuju bawah air terjun Tumpak Sewu Exploler harus mempersiapkan kondisi Fisik yang prima, karena track menuju bawah air terjun memiliki medan yang cukup terjal.

Aktivitas pertama yang bisa lakukan di air terjun Tumpak Sewu adalah menikmati pemandangan air terjun. Wisatawan cukup berjalan kaki sejauh 400 meter untuk bisa sampai ke Pos Panorama. Exploler akan disajikan pemandangan air terjun Tumpak Sewu yang unik, karena bentuknya membentuk setengah lingkaran.

Panorama tumpak sewu

Pos Panorama adalah sebuah tempat spot foto yang didesain oleh pengelola untuk wisatawan dengan pelindung jurang, di sana terdapat area yang lebih tinggi untuk bisa menikmati pemandangan air terjun dan mengabadikan gambar dengan latar belakang Air Terjun Tumpak Sewu.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu adalah trekking dari Pos Panorama ke lembah air terjun, Exploler akan melewati jalur tanah dengan track terjal dan menuruni aliran air terjun kecil.

Untuk menuju lembah air terjun Tumpak Sewu Exploler di sarankan untuk menggunakan Pemandu untuk memudahkan perjalanan menuju lembah air terjun. Di karnakan perjalan melewati tebing-tebing yang mengapit dan menyeberang aliran sungai, tepat di dasar air terjun.

Paket Air Terjun Tumpak Sewu

#3 Tips Berkunjung Ke Air Terjun Tumpak Sewu

Berikut ini merupakan tips berkunjung dan beraktivitas ke wisata air terjun Tumpak sewu

  • Persiapan kondisi fisik anda yang paling prima
  • Hindari berkunjung ke air terjun Tumpak sewu saat cuaca mendung atau hujan
  • Waktu terbaik berkunjung di pagi hari, hindari berkunjung di sore hari
  • Memakai sandal gunung atau sandal anti selip, terutama bagi wisatawan yang ingin mengexplore air terjun sebab kondisi track terjal, basah, dan licin
  • Bawalah air minum, untuk mengatasi kelelahan saat mengexplore air terjun Tumpak Sewu, jika tidak memungkinkan bawalah uang, karena ada beberapa tempet penjual makanan dan minuman
  • Siapkan Camera untuk berfoto saat mendapatkan spot terbaik sewaktu mengexplore air terjun Tumpak Sewu
  • Jaga sikap dan tidak merusak apaun di kawasan air terjun Tumpak sewu
  • Jangan membuang sampah sembarangan ketika berada di lokasi air terjun
  • `
  • Selalu berhati hati saat berada dimanapun, terutama saat mengexplore air terjun dan sungai Tumpak sewu
trekking coban sewu

Komentar

  1. Terima kasih atas tips berkunjung ke air terjun Tumpak Sewu yang sangat berguna! Menjaga kondisi fisik, cuaca, dan lingkungan sangat penting untuk pengalaman yang aman dan menyenangkan. Semoga banyak orang dapat mengikuti saran-saran ini untuk menjaga keindahan alam kita. 🌿📸 #WisataTumpakSewu #TipsWisata #LingkunganHidup

    BalasHapus
logo jawara wisata indonesia

Jawara Wisata Bromo. Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam di Pangandaran dan sekitarnya.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam Nusantara .

  082 272 300 500
  https://www.jawarawisata.com

Jawara Wisata Bromo

Jawara Gallery Bromo