Tumpak Sewu: Tiket Masuk, Rute Transportasi, Aktivitas dan Spot Wisata

Tumpak Sewu: Tiket Masuk, Rute Transportasi, Aktivitas dan Spot Wisata

air terjun tumpak sewu atau coban sewu

Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, destinasi di Lumajang, Jawa Timur ini mulai dikenal oleh Explorer baik pelancong Nusantara maupun wisatawan Mancanegara mulai tahun 2016 viral karena efek sosial media. Foto dan video dokumentasinya tersebar secara masif dan menjadi magnet untuk berkunjung langsung ke lokasi. Artikel ini akan mengulas hal-hal dasar dan umum tentang Tumpak Sewu dan semoga bisa menjadi acuan dan pedoman sebelum merencanakan datang ke sini.

Tumpak Sewu dikenal publik tidak dengan satu nama, Coban Sewu, Grojokan Sewu, Coban Grojokan Sewu atau Air Terjun Tebing Nirwana, begitu juga layak menyandang dengan julukan Niagara Van Java atau Niagaranya Indonesia. Beberapa media memberikan nilai kepada Coban Sewu sebagai Air Terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia
paket wisata air terjun tumpak sewu lumajang

kabut pelangi akan muncul di tumpak sewu saat pagi hari
Kabut Pelangi Tumpak Sewu, pagi hari dari bagian lembah Air Terjun Tumpak Sewu terkadang mengeluarkan kabut tipis seputih kapas. Sinar mentari pagi yang menerobos masuk menimbulkan efek fenomena alam yang cantik dengan warna-warni pelanginya. Saat ini Coban Sewu tampak indah sempurna.

1# Waktu Terbaik adalah Pagi Hari dan Awal Musim Kemarau

Explorer harus mempersiapkan dan merencanakan waktu-waktu terbaik sebelum bertandang ke lokasi Air Terjun Tumpak Sewu. Berikut tips dan saran sebagai pertimbangan terbaik untuk Coban Sewu. Jika memungkinkan pilih waktu terbaik adalah saat Pagi hari dari pukul 08-30 hingga 10.00 WIB.

Pagi hari, selain masih sepi dengan pengunjung lainnya kadang saat pagi hari dari dasar lembah Tumpak Sewu mengeluarkan kabut putih, tipis kadang tebal menyeruak dari lobang setengah lingkarannya. Ditambah sinar mentari pagi yang menerobos diantara kabut dan percikan air terjun, memunculkan warna pelangi seakan menjadi jembatan antara sungai Glidih dengan Tebing Nirwana... indah.

air terjun tumpak sewu atau coban sewu di Lumajang
Niagaranya Jawa Timur yang indah dan sumbernya mengalir dari hulu sungai gunung Semeru, bermuara di sebuah lembah, membentuk banyak air terjun seperti tirai air yang tersusun rapih, jatuhan air seperti ribuan air terjun, sehingga di sebut air terjun Tumpak Sewu atau Coban Sewu.

2# Spot Wisata dan Aktivitas di Tumpak Sewu

Sebagai air terjun terindah di Pulau Jawa bahkan Indonesia, Tumpak Sewu memiliki beragam daya tarik yang tidak di miliki air terjun lain diantaranya:

  • Jalur Menantang
  • Bukit Panorama
  • Surga Pecinta Fotografi
  • Spot Selfie yang instagramable

Untuk Menuju Tempat Menarik di air terjun Tumpak sewu, bagi wisatawan di sarankan untu memekai Pemandu atau menggunakan jasa trip wisata Tumpak sewu, selain memudahkan wisatawan untuk menuju lokasi menggunakan jasa lokal termasuk mendorong perekonomian dan kemajuan wisata tersebut.

Spot Wisata di area Air Terjun Tumpak Sewu, dalam waktu satu hari wisata ke Coban atau Air Terjun Tumpak Sewu, Explorer bisa dapatkan beberapa spot wisata yang wajib diketahui sebelumnya selain Panorama Air Terjun Tumpak Sewu, beberapa spot wisata yang akan dijelajahi adalah 1) Panorama Tumpak Sewu dari atas, menyaksikan pemandangan dari teras atas, 2) Bottom Waterfall Tumpak Sewu, hanya bisa dicapai dengan trekking, 3) Tebing Nirwana beberapa tebing indah di sekitar air terjun, 4) Telaga Biru, kolam yang dialiri oleh air terjun Tumpak Sewu, dan 5) Goa Tetes, menyaksikan proses pembentukan stalagtit dan stalagmit pada dinding-dindingnya.

Aktivitas Wisata di Tumpak Sewu, yang umum dilakukan selama berkunjung wisata di Coban Sewu adalah 1) Wisata Panorama, jika tidak memungkinkan untuk trekking, cukup dari area yang disediakan menikmati keindahan Air Terjun Tumpak Sewu, 2) Trekking / Canyoning bagian yang digemari para explorer, untuk turun ke lembah atau dasar sungai aliran Air Terjun Tumpak Sewu dan 3) Lansekap Fotografi tidak bisa dipungkiri jika Tumpak Sewu adalah sorganya para fotografer alam, mengabadikan pesona dan keunikan Tumpak Sewu menjadi tantangan tersendiri.

wisata di air terjun terindah di Jawa Timur dan Indonesia, Tumpak Sewu
Aliran Deras Air Terjun Tumpak Sewu, Meskipun aliran airnya tak sederas Niagara, Air Terjun Tumpak Sewu memiliki keunikannya tersendiri, dari mulai karakter batuan serta air yang jernih dan banyak jenis type air terjun dan goa.

3# Harga Tiket Masuk Yang Murah, Buka Pagi Hingga Sore Setiap Hari

Air terjun Tumpak sewu dapat di kunjungi setiap hari dari pagi hingga sore hari, akan tetapi waktu terbaik untuk berkunjung ke air Terjun Tumpak Sewu adalah di pagi hari, karena di waktu pagi dan saat yang tepat, explorer tidak hanya mendapakan panorama air terjun yang indah, juga menjumpai pelangi diantara percikan air dan sinar mentari pagi yang menerobos hingga dasar sungainya.

Air Terjun Tumpak Sewu/Coban Sewu/Gerojokan Sewu

Lokasi Malang: Dusun Jagalan, Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang
Lokasi Lumajang: Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang
Hari Operasi: dari Sening hingga Minggu, setiap hari buka dalam seminggu
Jam Operasi: 08.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp 10.000,-
Parkir Motor: Rp 5.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-

Untuk harga tiket masuk Coban Sewu untuk wisatawan lokal Rp 10.000 /orang. Sedangkan untuk wisatawan Asing Harga tiket masuk berbeda yaitu Rp 20.000 /orang. Selain itu ada retribusi untuk parker kendaran, untuk jenis kendaran sepeda motor dikenakan biyaya Rp. 5.000 sedangkan untuk Mobil Rp 10.000.

paket wisata air terjun tumpak sewu lumajang

Setelah melakukan pembelian tiket masuk ke lokasi Tumpak Sewu, Explorer bisa menikmati semua fasilitas pendukung wisata Coban atau Air Terjun di Kabupaten Lumajang berikut ini:

  • Lokasi parkir kendaraan wisatawan
  • Camping ground
  • Pusat informasi dan retribusi
  • Warung makan
  • Pusat logistik
  • WC umum
  • Mushola

Meskipun masih terbatas akan sarana dan fasilitas didalamnya, namun liburan anda akan tetap menyenangkan. Ketika explore pesona terbaik dari keindahan Air Terjun Tumpak Sewu Jawa Timur bersama rekan, keluarga atau yang terkasih.

Trekking di Bottom Waterfall
Trekking atau Panorama, Anda bisa menyaksikan dari atas aliran Tumpak Sewu di Spot Menara Pandang dan jika fit dan bugar, bisa melanjutkan perjalanan menuju lembah aliran sungai Air Terjun Tumpak Sewu dengan trekking.

4# Rute & Jalur Transportasi dari Malang / Surabaya ke Tumpak Sewu

Perjalanan Menuju air terjun Tumpak Sewu di Lumajang bisa di akses dari beberapa tempat, yaitu dari Kota Malang, Surabaya, atau Kabupaten Jember. Tetapi rute yang paling banyak di minati dan disarankan untuk wisatawan adalah masuk dari kota Lumajang.

Lokasi air terjun Tumpak sewu atau Coban Sewu terletak di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Lumajang Dan Kabupaten Malang, lokasi persinya berada di Kampung Sijil, Jl.Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dasar sungai aliran Tumpak Sewu
Trekking ke Bottom Waterfall, Menyusuri jalur trekking menuju bagian bawah lembah dasar sungai Air Terjun Tumpak Sewu adalah pilihan aktivitas terbaik, namun perlu perhatikan hal-hal penting tentang kenyamanan dan keamanan.

5# Yang Jangan Dilakukan Saat Wisata di Tumpak Sewu

Berikut adalah hal-hal yang menyangkut faktor keamanan sangatlah penting dan wajib untuk ditaati dan bukan untuk dilanggar. Keamanan diri selama wisata berlangsung di Tumpak Sewu akan berpengaruh kepada kenyamanan Explorer dan rombongan juga menyangkut faktor keamanan pengunjung lainnya. Hal ini khusus bagi yang merencanakan untuk treeking ke Bottom Waterfall, diperlukan kondisi yang fit dan bugar untuk menempuh perjalanan di jalur tidak normal.

  • Usia dibawah 10 tahun dan diatas 60 tahun dilarang turun ke dasar Air Terjun
  • Penyandang Asma dan Phobia Ketinggian
  • Batas maksimal waktu ke Bottom Waterfall adalah pukul 15.00 WIB
  • Jangan turun ke air terjun saat cuaca hujan

Setelah Explorer memahami semua informasi selengkapnya tentang Tumpak Sewu, Anda bisa datang sendiri dengan kendaraan pribadi dengan persiapan yang lebih matang dan terencana atau menggunakan jasa dan layanan pemandu wisata atau agen wisata terdekat yang sudah dipercaya. Let's GO!

Video Wisatawan Tumpak Sewu

Testimony Bromo Wisata on Youtube

Silahkan follow channel Youtube Bromo Wisata untuk video testimony dan trip lainnya. Kami sajikan secara lengkap sebagai informasi dan referensi.

Testimony Trip Tumpak Sewu

Jalur Trekking Coba Sewu

Hasil Dokumentasi Trip Air Terjun Tumpak Sewu

video dokumentasi paket wisata tumpak sewu
testimony paket wisata tumpak sewu


*silahkan klik gambar untuk melihat secara lengkap hasil dokumentasi trip Tumpak Sewu

Komentar

  1. Terima kasih telah berbagi informasi tentang Tumpak Sewu, destinasi yang semakin terkenal di Lumajang, Jawa Timur! Sosial media memang memiliki peran besar dalam memperkenalkan tempat-tempat indah seperti ini kepada dunia. Semoga artikel ini dapat membantu saya yang belum pernah ke sana untuk merencanakan kunjungan yang menyenangkan. 😊🌿 #WisataIndonesia #TumpakSewu #JawaTimur

    BalasHapus
logo jawara wisata indonesia

Jawara Wisata Bromo. Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam di Pangandaran dan sekitarnya.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam Nusantara .

  082 272 300 500
  https://www.jawarawisata.com

Jawara Wisata Bromo

Jawara Gallery Bromo