Air Terjun Tumpak Sewu, Tirai Pelangi Indah di Lumajang

Air Terjun Tumpak Sewu, Tirai Pelangi Indah di Lumajang

Air terjun tumpak sewu

Air terjun Tumpak Sewu atau Cuban Sewu sangat popular di kalangan wisatawan, karena merupakan salah satu air terjun tercantik di pulau jawa, jumlah air terjunnya yang banyak dan terkumpul di satu lembah dengan ketinggian air terjun mencapai 120 meter. Sungguh indah dan istimewa bila terlihat dari jauh membentuk seperti sebuah tirai alam.

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan tujuan wisata favorit di kabupaten Lumajang, terutama bagi pecinta fotografi dan air terjun, menyuguhkan keindahan alam dan yang bias dijadikan spot foto atau sekedar menikmati panorama air terjun yang menakjubkan.

paket wisata air terjun tumpak sewu lumajang

Coban sewu lumajang
Air Terjun Tumpak Sewu, Wisatawan menyaksikan aliran air terjun Tumpak Sewu dari spot lembah air terjun Tumpak Sewu dengan ketinggian air terjun mencapai 120 meter.

Nama Dan Daya Tarik Air terjun Tumpak Sewu

Nama lain dari air terjun Tumpak Sewu diantaranya, Grojogan Sewu, Coban Sewu, Coban Tumpak Sewu, dan ada juga yang menyebut Coban Grojogan Sewu, ata Coban berarti air terjun, Tumpak atau air terjun yang seperti bertumpuk.

Daya tarik utama air terjun Tumpak Sewu adalah, bentukannya yang besar dan lebar dan terlihat seperti tirai yang tipis, begitu tinggi dan lebar serta menakjubkan. Kemegahan air terjun ini begitu megah, dan indah di tambah dengan panorama hutan yang masih lebat di sekitarnya.

Tumpak Sewu Gunung Semeru
Tumpak Sewu atau Coban Sewu, kemegahan air terjun semakin terlihat lengkap dengan adanya latar belakang gunung Semeru yang terlihat menjulang tinggi.

Letak dan Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun Tumpak Sewu terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Jaraknya sekitar 47 Km arah selatan dari pusat kota Lumajang, air terjun ini berdekatan dengan obyek wisata Goa Tetes.

air terjun tumpak sewu lumajang
Spot Foto di Lembah Tumpak Sewu , Menuju Lokasi lembah air terjun Tumpak Sewu, wisatawan harus melewati jalan terjal dan anak tangga serta batu berlumut dengan medan yang cukup extrim.

Air terjun Tumpak Sewu memiliki sumber mata air alami dari gunung Semeru,mengaliri sungai hingga lembah yang di sebut Tumpak sewu, namun bukan berarti nama Tumpak Sewu memiliki air terjun yang berjumlah seribu, hanya saja air terjun ini merupakan gabungan dari banyaknya air terjun yang ada, hingga seperti bertumpuk seribu air terjun.

Air terjun Tumpak Sewu mempunyai bentuk air terjun yang melebar seperti tirai yang berjenjang, jatuh ke lembah curam memenjang dengan elavasi 500 mdpl atau sekitar 120 meter.

Ada beberapa ruteu yang bias di ambil untuk menuju Tumpak Sewu, namun rute yang terbaik adalah melewati jalur resmi yaitu lewat Desa sidomulyo, untuk menuju Desa Sidomulyo wisatawan bias memilih rute dari Malang di karnakan banyak pilihan transportasi yang bisa di ambil.

Lokasi air terjun Tumpak Sewu berjarak kurang lebih 66 Km dari Kota Malang atau sekitar durasi dua jam perjalanan dengan kendaraan pribadi, melewati ruteu Turen, Dampit, Tirtomoyo.

Aktivitas Dan Fasilitas Air terjun Tumpak Sewu

Air terjun Tumpak sewu adalah tujuan wisata yang menawarkan keindahan alam air terjun dan panorama alam dan sungai, juga merupaks surge bagi pecinta potografi, seperti destinasi pada umumnya, destinasi ini memiliki Fasilitas yang tersedia seperti :

  • Area Parkir kendaran
  • Area Camping
  • Pusat informasi dan Retribusi
  • Warung makan
  • Pusat logistik
  • WC umum dan Mushola

Fasilitas yang di sediakan masih terbatas, sekedar melengkapi kelayakan sebuah destinasi, namun bukan tanpa alasan, Wisata air terjun Tumpak sewu ingin lebih menonjolkan pesona alamnya yang indah, terutama bagi pecinta panorama alam.

Aktivitas wisata Tumpak sewu
Spot Foto Panorama Tumpak Sewu , panorama air terjun dapat dinikmati dari teras pandang. Air tampak mengalir dari beberapa sumber yang berbaris rapi membentuk garis vertikal.

Aktivitas yang bias di lakukan di Air Terjun Tumpak Sewu diantaranya. Camping, Canyoning, Tracking, apalagi bagi pecinta fotografi, air terjun tumpak sewu merupakan surge bagi pecinta aktivitas tersebut.

9 Tips Berkunjung Ke Air Terjun Tumpak Sewu

1.Persiapkan kondisi fisik anda yang paling prima.

2.Hindari berjunjung pada Saat Hujan atau cuaca mendung.

3.Sebaiknya berkunjung di pagi hari, hindari berkunjung di sore hari.

4.Gunakan sandal gunung atau sandal anti selip, terutama bagi wisatawan yang ingin mengexplore air terjun sebab kondisi track terjal, basah, dan licin.

5.Bawalah air minum, untuk mengatasi kelelahan saat mengexplore air terjun Tumpak Sewu, jika tidak memungkinkan bawalah uang, karena ada beberapa tempet penjual makanan dan minuman.

6.Siapkan Camera untuk berfoto saat mendapatkan spot terbaik sewaktu mengexplore air terjun Tumpak Sewu.

7.Jaga sikap dan tidak merusak apaun di kawasan air terjun Tumpak sewu.

8.Jangan membuang sampah sembarangan ketika berada di lokasi air terjun.

9.Selalu berhati-hati saat berada dimanapun, terutama saat mengexplore air terjun dan sungai Tumpak sewu.

Komentar

logo jawara wisata indonesia

Jawara Wisata Bromo. Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam di Pangandaran dan sekitarnya.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam Nusantara .

  082 272 300 500
  https://www.jawarawisata.com

Jawara Wisata Bromo

Jawara Gallery Bromo